13 Hantu Jawa Paling Beken


Berikut ini adalah 13 hantu asal Jawa yang paling beken

1. GENDRUWO adalah hantu yang suka tinggal di pohon-pohon besar atau gedung-gedung tua. Ia berupa sosok hitam besar, tidak suka banyak bergerak. Kalau di pohon ia suka bergelantungan di dahan atau duduk di bawah pohon. Baunya sangat khas menusuk hidung, serupa kalau kita mencium bau orang yg tidak mandi babarapa hari, tapi gendruwo babarapa kali lipat baunya. Ia tadak suka mengganggu orang, kecuali menampakkan diri dengan sosok besarnya.
 
2.SUNDEL BOLONG adalah sundel (Jawa) :artinya Wanita Tuna Susila/PSK. Bolong (Jawa) : lobang. Sundel bolong berupa sosok wanita yang punggungnya berlobang. Jika kita brhadapan baunya sangat wangi, kalau dia berbalik badan akan menebarkan bau busuk dan amis. Ia suka berkeliling di tempat-tempat ramai dan membujuk para pria berhidung belang untuk berhubungan seks. Konon, ia adalah bekas tandhak atau Wanita Tuna Susila yang mati secara mengenaskan akibat disia-siakan laki-laki.

3.JERANGKONG atau THETHEKAN adalah hantu yang berupa kerangka manusia. Ia suka berkeliling dari kampung ke kampung. Kemunculannya antara jam 1 s/d jam 2 malam. Ia disebut THETHEKAN karena kalau berjalan mengeluarkan bunyi THEK…THEK..THEK… yang ditimbulkan dari benturan rahang atas dan rahang bawah. JERANGKONG ini sangat suka mengganggu orang terutama anak-anak kecil. Dan anak yang sempat mendengar akan menangis sepanjang malam.

4.NDHAS GLUNDHUNG/ NDHAS CUMPLUNG adalah : hantu berupa kepala manusia. Ia sangat suka menganggu dan mengejutkan orang dengan cara meng’gelundung’ secara tiba-tiba di depan orang. Konon, ia adalah kepala para orang-orang yang mati dengan cara disembelih. NDHAS GLUNDHUNG ini banyak muncul di tempat  bekas penyembelihan pada jaman gegeran pembersihan G-30S/PKI.

5. MEMEDI USUS adalah hantu berupa bentangan usus manusia yang akan melilit kaki orang yang sedang melintas di jalan. Ia biasanya melintang di jalan untuk menunggu mangsa. Orang yg kebetulan terlilit oleh MEMEDI USUS, selain karena memang kakinya terlilit, terasa berat dan kesulitann berjalan atau berlari.


6.POCONGAN adalah hantu berupa sosok yg berpakaian orang mati (kafan). Cara berjalannya meloncat-loncat. Ia tinggal di kuburan sesorang, yang konon semasa hidupnya bergelimang dengan dosa, misalnya rentenir,pemelihara thuyul atau perewangan.Dan ia tidak rela atas kematiannya.Ia sukanya menggantung di pohon, bersandar,atau rebahan di tepi jalan dan mengejar orang yang ketakutan. Meskipun cara berjalannya meloncat tapi bisa melampaui orang yang lari.

7.OYOT NIMANG adalah suatu akar gaib yang bisa menghilangkan ingatan atau kesadaran seseorang yang tanpa sengaja menginjak atau melompatinya. Orang yang kena pengaruh OYOT NIMANG, berjalannya akan terus berputar-putar di tempat yang sama, tapi ia merasa berjalan ke tempat yang ia tuju.


8.KUBURAN BAJANG adalah tempat dipendamnya bayi hasil hubungan gelap, yang dikeluarkan secara paksa, meskipun umurnya belum saatnya untuk dilahirkan. Pada malam-malam tertentu tempat tersebut mengeluarkan suara tangisan bayi yg memilukan.

9.KEMAMANG adalah sosok hantu berambut api. Ia senang tinggal di tepi sungai sambil cari ikan. Ikan yang didapat, sebelum dimakan, ia masak terlebih dahulu di atas rambutnya.

10.GERANDHONG adalah hantu yang sangat ganas, bahkan bisa membinasakan. Ia berupa sosok yang sangat menakutkan. Wajah dan matanya merah, taringnya panjang, kulitnya abu-abu bersisik, rambutnya panjang dan kasar. Ia bersifat nomaden, tapi ketika ia tinggal di desa tertentu bisa menggegerkan orang sedesa. Akhirnya tempat itu setiap malam akan terasa mencekam, karena tidak ada seorangpun yang berani keluar rumah.

11.WEWE GOMBEL adalah hantu berwujud sosok wanita yang sangat tuwa dengang pakaian compang-camping,dan (maaf) payudaranya menggelantung sampai menyentuh tanah. Dia suka mengganggu anak-anak balita dengan cara mengajaknya ke tempat-tempat yang sepi,kemudian anak tersebut di tinggal di tempat itu. Atau kalau dia lagi suka, diajaknya keliling-keliling sampai berhari-hari. Kalau sudah bosan ditinggalkan anak tersebut, entah di tengah sawah, di hutan, di atas pohon dan sebagainya.

12.KEBLEG adalah hantu berupa kelelawar besar (wujudnya semacam KALONG) sukanya mencuri beras di pedaringan (Jawa) yaitu tempat menyimpan beras dan mencuri telur. Konon, ia adl peliharaan ssorg semacam tuyul, tp ia spesialis beras dan telur.

13.TUYUL adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.Thuyul senang bermain-main di tempat yang kotor dan becek.

[Sory! Lupa copy link sumbernya]

Enter Your Email for subscribe